Purchase Decisions of Muslim Clothing Influenced by Halal Lifestyle, Product Quality, Price with Religiosity as Moderation
Abstract
This study aims to analyze the factors that influence the decision to purchase muslim clothing. This research uses quantitative research with primary data. Data collection techniques by distributing questionnaires either directly or via google form. The data obtained were then analyzed using SPSS tools. The sample in this study amounted to 90 respondents who are active members of Zoya Salatiga. The results showed that the halal lifestyle and price variables had a positive and significant effect on purchasing decisions, while the product quality variable had a positive and insignificant effect on purchasing decisions. Religiosity can moderate the variables of halal lifestyle, product quality, and price on purchasing decisions.
References
Agung, M., Rachma, N., & Hufron, M. (2020). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Distro N19ab Karangploso Malang). Prodi Manajemen, 12–25.
Alfarizi, D. C. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Kai Acces (Akses Kereta Api Indonesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, e-ISSN : 2461-0593.
Alim, S. A., Mawardi, M. K., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Persepsi Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim ( Survei pada Pelanggan Produk Zoya Muslim di Kota Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), 127–134.
Arinda, M. K. (2020). Pengaruh Halal Lifestyle, Harga, Dan Promosi Terhadapkeputusan Konsumenmemilih Kayla Nissasalon & Spamuslimah. Journal of Chemical Information and Modeling, 105.
Bawono, A. (2006). Multivariate Analysis dengan SPSS. STAIN Salatiga Press.
Farisi, S. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Ferhat, K., & Hidayatullah, D. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Klamby. E-Proceeding of Management, 6(2), 18–44.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro.
Habibah, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. 1(1), 31–48.
Hariyanto, M., Herliani, F., & Hasanah, M. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Minimarket Nahda Sungai Bengkal. Jurnal Hukum Islam, 4(1), 107–126.
Hoiriyah, Y. U., & Chrismardani, Y. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Halal, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pembelian Ms Glow (Studi Pada Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(2), 115–120.
Ismailia, Y. (2018). Pengaruh gaya hidup syariah dan harga terhadap keputusan pembelian pada klinik kecantikan muslimah aishaderm. Ekonomi Dan Bisnis Islam, 107.
Khuwaroh, K., Widarko, A., & Anwaruddin, M. K. (2018). Analisis Pengaruh Label Halal, Keamanan Bahan, Promosi, Dan Harga Pada Produk Kosmetik Sariayu Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Professional FIS UNIVED, 5(1), 26–31.
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). Indeks.
Kurnianingsih, W., & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Skripsi Respositari, 1(1), 510–524.
Lubis, S. (2018). Pengaruh Religiusitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan.
Mapaung, F. K., Arnold, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), 49–64.
Martini, T. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merek Honda Jenis Skutermatic. Jurnal Penelitian, 9(1), 113–132.
Mongisidi, S. J., Sepang, J., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).
Nador, N. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Keamanan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Tradisional Madyopuro Kota Malang). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 68–70.
Nasution, H. F. (2018). Pengaruh Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1),
Nur, H., & Ridla, M. R. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga Dan Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Untuk Menyalurkan Zakat Profesi ( Studi di Pos Keadilan Peduli Ummat Yogyakarta ). Jurnal MD Membangun Profesionalisme Keilmuan, 207–228.
Nurwahyudi, A., & Haryanto, B. (2018). Peran Relegiusitas Dalam Memoderasi Keputusan Individu Dalam Memilih Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Karanganyar. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 71.
Pratiwi, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus 212 Mart Cikaret. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2, 150–159.
Putra, G. P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 48 No. 1 J(6), 16.
Reven, D., Ferdinand, T., & Manajemen, J. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–13.
Ruhamak, M. D., & Syai’dah, E. H. (2018). The Influence of Word of Mouth, Consumer Interests and Brand Image on Consumer Decisions (Studies on Course Institution Students in the Pare English Village Area). Ekonika: University of Kadiri’s Journal of Economics, 3(2), 14.
Sari, A., & Widodasih, W. K. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Modiste.Id Di Sukatani Dimoderasi Oleh Variabel Religiusitas. Prodi Manajemen, Universitas Pelita Bangsa.
Setiyawan, D. (2019). Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup Konsumtif, dan Jenis Kelamin Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Salatiga). IAIN Salatiga.
Shadiq, D. C. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Tamu Hotel Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso, Vol. 2 (1)32–59.
Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. CAPS.
Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2008). Pemasaran Strategik. Andi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.