Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA di SMAN 1 Geger Madiun Berdasarkan Standar Manajemen Laboratorium

  • Vika Puji Cahyani IAIN Ponorogo
Keywords: Analisis kualitatif, Biologi, Kimia, Manajemen Laboratorium

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu kajian ilmu pengetahuan yang berisi tentang berbagai teori dan konsep ilmiah yang dapat dibuktikan melalui serangkaian kegiatan penelitian.  Kegiatan penelitian dalam pembelajaran IPA dapat dilakukan melalui laboratorium IPA atau di tingkat SMA/Sederajat dibagi menjadi tiga laboratorium, yaitu laboratorium kimia, fisika dan biologi. Laboratorium merupakan tempat yang digunakan untuk pengamatan, percobaan, serta pengujian konsep pengetahuan dan teknologi yang dilengkapi berbagai fasilitas alat dan bahan untuk menunjang pembelajaran. Laboratorium IPA yang baik adalah laboratorium yang memiliki sarana, prasarana, serta manajemen yang baik dan teratur. Akan tetapi, beberapa sekolah belum melakukan manajemen laboratorium secara maksimal, sehingga dapat menyebabkan pembelajaran IPA dalam rangkan membuktikan konsep ilmiah mengalami beberapa kendala bahkan tidak jarang menimbulkan bahaya reaksi bahan kimia tertentu. Oleh karena itu, sangat penting diadakan manajemen laboratorium di sekolah dengan baik agar dapat menunjang proses pembelajaran dan terhindar dari bahaya reaksi kimia tertentu. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis secara kualitatif manajemen laboratorium kimia dan biologi di SMAN 1 Geger Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap narasumber dan data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar Laboratorium di SMAN 1 Geger memenuhi standar manajemen laboratorium yang baik.

Published
2022-06-22
How to Cite
Cahyani, V. (2022). Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA di SMAN 1 Geger Madiun Berdasarkan Standar Manajemen Laboratorium. Annual International Conference on Islamic Education for Students, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18326/aicoies.v1i1.289